Tips Merawat Laptop atau Notebook - Agar Tidak Cepat Rusak

Laptop atau Notebook bila tidak dirawat maka akan cepat rusak. Komponen laptop lebih mahal dibandingkan dengan komponen komputer desktop atau PC. Oleh karena itu mari simak Tips Merawat Laptop - Agar Tidak Cepat Rusak.

Tips_Merawat_Laptop

1. Software Dari Internet.
Usahakan jangan download software yang kita tidak jelas mengetahuinya. Pakailah software yang benar-benar kita mengerti, atau paling tidak ada referensi dari tekhnisi komputer yang kita kenal.

2. Jangan Install Software sekiranya tidak dipakai.
Dhicomp sering menemukan ada software di-instal di komputer atau laptop tapi software tersebut tidak pernah digunakan

3. Jangan Menggunakan Laptop atau Notebook diatas Kasur atau Bantal
Menggunakan laptop diatas kasur atau bantal dapat berakibat fatal. Pemakaian laptop diatas bahan yang hampir sama dengan bahan seperti contoh diatas akan menutupi ventilasai atau  kisi yang ada di bagian bawah laptop, berakibat sirkulasi udara tidak berjalan dan mengakibatkan panas berlebih.

Kami sendiri sering menemukan kerusakan diakibatkan hal diatas berakibat VGA onboard laptop rusak permanen. Dan juga terkadang menemukan motherboard melengkung karena adanya panas berlebih.

4. Kebersihan Laptop atau Notebook
Hindari penggunaan laptop atau notebook pada kodisi ruangan yang berdebu. Menggunakan laptop atau notebook pada kodisi ruangan berdebu dapat mempercepat timbunan debu didalam bagian laptop mengakibatkan tersumbatnya aliran hawa panas.

5. Jangan Menaruh Benda diatas Laptop atau Notebook
Apalagi benda berat karena bisa merusak layar monitor. Layar Laptop atau Notebook sangat sensitif terhadap tekanan terutama berjenis LED Super-Slim.

6. Rawatlah Baterai Laptop atau Notebook secara teratur.
Hendaknya apabila hendak menggunakan laptop untuk waktu lama, baterai diisi penuh terlebih dahulu. Apabila sudah penuh cabut chargernya, pergunakan sampai baterai sisa sedikit lagi.

7. Jika laptop bermasalah sebaiknya jangan coba betulkan sendiri. Lebih baik serahkan ke tukang service terdekat. Karena jika mencoba membetulkan sendiri bisa-bisa kerusakan menjadi semakin parah dan bertambah kerusakannya

8. Aktifkan Anti Virus.
Untuk kenyamanan Laptop atau Notebook diperlukan Anti Virus, fungsinya untuk melindungi software-software dan mengetahui adanya virus.

Masih banyak lagi Tips Merawat Laptop atau Notebook - Agar Tidak Cepat Rusak, kalau ada teman-teman ingin menambahkan silahkan torehkan di kotak comment dibawah. Terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Tips Merawat Laptop atau Notebook - Agar Tidak Cepat Rusak"

  1. wah ini sangat bermanfaat kang tips nya, kadang masih ada yg mempunyai laptop tapi tidak bisa merawat dan menjaga nya biar tidak cepat rusak, apalagi yg suka download dan install aplikasi secara online... :) terima kasih kang ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar Laptop atau Notebook nya lebih awet Kang

      Delete
  2. Saya biasanya download software di ziddu. kalau untuk internet diusahakan tidak pakai baterai, mending di colok langsung. supaya awet baterainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cabut baterai saat penggunaan Laptop tidak disarankan Kang Fazri

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel